ALATUJIGEOTEKNIK.COM – TILTMETER yaitu alat yang berfungsi untuk memonitoring kemiringan dan perubahan didalam suatu struktur. Alat ini ...

Mengenal Lebih Dekat Tiltmeter

 


ALATUJIGEOTEKNIK.COMTILTMETER yaitu alat yang berfungsi untuk memonitoring kemiringan dan perubahan didalam suatu struktur. Alat ini umumnya dipakai untuk memonitoring pada jembatan, terowongan, bendungan dan lain-lain. Tujuan pemantauan mengaplikasikan alat ini ialah untuk menganalisis rotasi gaya struktur yang menerima gaya dari tanah.

Kemiringan struktur bisa terjadi disebabkan dorongan tanah dengan gaya leteral, struktur adalah unsur penting pembangunan untuk menyangga bobot atas, supaya bangunan berdiri dengan berimbang.

Pengevaluasian dengan TILTMETER bisa dilaksanakan kalau suatu bangunan telah menunjukan perubahan posisi secara horizontal atau vertikal agar bisa dikenal gaya serta getaranya. Alat ini akan diposisikan  0 untuk memudahkan analisis.

Pengujian tiltmeter memiliki 2 cara dalam melaksanakan pengujian kemiringan struktur adalah| portable TILTMETER dan in place tiltmeter.

Portable tiltmeter yakni sensor yang bisa dipindah-pindah dari satu spot ke spot berikutnya.

In place tiltmeter ialah sensor yang dipasang dengan metode dilas supaya merekat dengan tulangan struktur. Metode ini diterapkan agar alat ini bisa bertahan dan melekat| di struktur dalam waktu yang lama dan tak bisa dipindah-pindahkan.

Baca Juga : Apa Itu Extensometer


Bagaimana Pemasangan Tiltmeter Pada Struktur?

Kabel dari data logger disambungkan ke notebook untuk pengerjaan analisis dengan menerapkan bantuan software khusus yang sudah di install sebelumnya. Tiltmeter akan berprofesi ketika struktur beton menerima gaya yang terjadi.

Langkah berikutnya catat dan lakukan analisis supaya struktur hal yang demikian dapat dikerjakan koreksi atau masih dalam ambang batas yang dibolehkan dalam dunia pembangunan.


Apa saja tipe tiltmeter?

1. MEMS

Alat ini ialah kelas menengah dengan menawarkan pengevaluasian lebih luas kurang lebih 10 derajat. Alat ini bendung air, memiliki versi dalam biaksial dan uniaksial, bisa dibaca jarak jauh, gampang dipasangkan.

2. Portable

Alat ini amat praktis dibawa untuk tiap penilaian. Alat ini ini bisa memantau kemiringan dengan bagus dan cermat, hemat tarif dan mempunyai sensor servo-accelometer reliable yang sama diterapkan pada probe inclinometer.

3. EL Beam Sensor

Sesor ini akan dipasang pada blok kaku yang panjang yang telah ditetapkan dan dipasang di gauge. Umumnya blok mempunyai panjang 1-2 meter dan diletakkan pada struktur. Sensor  ini akan memudahkan perubahan kemiringan pada blok hal yang demikian dalam suatu milimeter, kecuali itu sensor ini juga bisa memantau pergerakan leteral dan dikaitkan secara end to end untuk memantau pergerakan deferensial.

4. Track Monitor

Alat ini bisa memantau pada rel kereta api, sensor ini memiliki dua versi yakni sensor EL dan MEMS yang lebih lebar. Bisa dipantau jarak jauh, gampang penggunaanya, dapat bertahan dalam kondisi cuaca apa saja.


ALATUJIGEOTEKNIK.COM sebagai perusahaan penyedia alat-alat pengujian JUAL TILTMETER dengan harga relatif murah dan bermutu dan jasa pemasangan tiltmeter. Untuk info lebih lanjut hubungi :

Phone : 021-2956-3045

Whatsapp : 0822 5870 6420 (Anto) | 0813 9929 1909 (Fikri)

E-mail : SALES.ALATUJIGEOTEKNIK@GMAIL.COM

0 komentar: