ALATUJIGEOTEKNIK.COM – Extensometer adalah alat elektronika yang berfungsi mengontrol pergeseran tanah pada sebuah permukaan yang mempuny...

Apa Itu Extensometer?

 

ALATUJIGEOTEKNIK.COM – Extensometer adalah alat elektronika yang berfungsi mengontrol pergeseran tanah pada sebuah permukaan yang mempunyai kerawanan kepada terjadinya musibah| longsor. EXTENSOMETER juga mempunyai sensor yang energi bendung kepada perubahan cuaca pun cuaca ekstrem.


Prinsip kerja pada extensometer :

EXTENSOMETER adalah alat yang dirancang untuk melaksanakan penilaian perubahan pada energi jarak antara eyebolt yang dipasang pada dinding terowongan, struktur maupun lereng yang tak dalam kondisi stabil.

Extensometer menerapkan tape stainless steel yang sebelumya sudah dilubangi pada jarak yang telah pas, yang kemudian rekaman akan disimpan didalam sebuah frame, frame ini menampung mikrometer komputerisasi dan alat pengencang elektronik lainnya.

Pada ketika penerapan, pengait yang berlokasi di ujung selotip akan dipasangkan pada eyebolt pertama, kemudian akan dilepaskan sampai pengait yang berlokasi pada ujung tape extensometer bisa dijepit ke 2 buah eyebolt.

Sesudah terjadi pengunduran pada tape dan juga frame, berikutnya diletakkan pasa suatu lubang. Pegangan yang terdapat pada Tape-Tensoning akan diputar, bertujuan supaya memperpendek panjang dari bingkai dan juga meningkatkan ketegangan di tape. Jika ketegangan yang diharapkan sudah tercapai karenanya alat akan menonjolkan respons dengan menyalakan lampu hijau atau lampu merah, sesudah itu mikrometer bisa terbaca. Prosedur hal yang demikian akan dilaksanakan pengulangan sampai tampak perbedaan hasil dalam pembacaan, sesudah didapat, perbedaan hal yang demikian akan menjadi ukuran perubahan jarak yan terjadi kedua eyebolt.

Sebagian Tipe Terdapat Pada Extensometer :

-Single, Point, Rod, Mechanical : Alat ini dipakai untuk melindungi para pekerja di tambang, kalau ada getaran atau pergeseran tanah karenanya alat ini akan berfungsi sehingga tak ada kecelakaan yang terjadi pada tambang.

-Multiple Point, Rod, Groutable : Alat ini bermanfaat untuk menolong pengerjaan pelaksanaan sumur, umumnya alat ini di pasang pada lubang bor ke arah bawah.

-Multiple Point, Rod, Snap ring : Alat ini memiliki kemiripan dengan alat yang sebelumnya, alat ini bisa mengcengkram lubang bor hingga delapan jangkar dan di pasang dalam bermacam tipe kedalaman.

-Multiple Point, Rod, Hydraulic : Alat ini dipakai untuk cara hidrolic pada permukaan tanah yang lunak dan permukaan yang kasar.

-Multiple Point, Rod, Flexible : Alat ini amat fleksibel untuk dipakai pada lubang bor, alat ini bisa memonitoring pergerakan pada tanah.

-Multiple Point, Retrievable : Alat ini sanggup memonitoring pada balok, kolom pada sebuah bangunan, metode kerja alat ini yaitu lubangi beton hal yang demikian memakai bor kemudian usul alat ini pada lubang.

-Magnetic Extensometer : Alat ini diterapkan untuk mengevaluasi kedalaman tanah yang sudah di bor, Sebuah probe diwariskan di dalam tabung pemandu teleskop untuk mendeteksi dan menilai posisi jangkar magnetik.

-Tape Extensometer : Alat ini dapat menghitung pergeseran tanah dan juga untuk menghitung deformasi pada struktur beton bangunan.

-Settlement Point (Borros Type) : Alat ini mempunyai jangkar bertangkai tiga, pipa luar dan dalam, pipa komponen dalam melekat pada anchors dan bebas bergerak lewat pipa luar.

-Anchors : Alat ini bisa di pakai untuk proses struktur bangunan yang berkaitan dengan materi tanah dan bebatuan untuk komponen dari strukturnya.

alatujigeoteknik.com sebagai perusahaan penyedia alat-alat pengujian MENJUAL EXTENSOMETER dan JASA INSTALASI EXTENSOMETER dengan harga relatif murah dan bermutu. Untuk info ulebih lanjut hubungi :


Phone : 021-2956-3045

Whatsapp :0822 5870 6420 (Anto) |0813 9929 1909 (Fikri)

Email : sales.alatujigeoteknik@gmail.com

0 komentar: